Jumat, 25 Juni 2010

belajar ms.word....

***5 Trick Membuat Kolom Di MS. WORD 2007

1. Cara Membuat Kolom

  1. Pilih orientasi kertas, pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Orientation. Pilih Portrait atau Landscape.
    Page Setup Group

  2. Pilih kumpulan teks seperti contoh berikut.
    Contoh Teks

  3. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns.

  4. Pilih Two untuk membuat dua kolom.
    Columns

  5. Pada contoh ini terdiri dari dua bagian:

    1. Judul (Lorem Ipsum) = satu kolom.
    2. Isi = dua kolom.

    Untuk gabungan ini, Microsoft Word akan otomatis membuat Section Break (Continuous).

  6. Pada kolom, teks akan mengalir sampai batas bawah halaman kemudian baru berpindah ke kolom selanjutnya.
    Portrait - 2 Kolom

  7. Jika Anda tidak menginginkan teks sampai batas bawah halaman maka dapat menggunakan Column Break.
    Contoh Column Break
    Caranya:

    1. Letakkan kursor di depan teks yang akan dipindahkan.

    2. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Breaks.

    3. Pada bagian Page Breaks, pilih Column.

    4. Microsoft Word akan memindahkan teks ke kolom berikutnya.

2. Cara Mengatur Lebar dan Jarak Kolom

  1. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik More Columns untuk menampilkan kotak dialog Columns.
    Column Dialog Box

  2. Untuk mengatur lebar kolom, ubah angka pada kotak Width.

  3. Untuk mengatur jarak antar kolom, ubah angka pada kotak Spacing.

  4. Klik OK bila sudah selesai.

3. Cara Memberi Garis Pemisah Pada Kolom

  1. Jika kolom terdiri dari beberapa section, klik pada section yang ingin diberi garis.

  2. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik More Columns untuk menampilkan kotak dialog Columns.

  3. Centang kotak Line between.
    Garis Antar Kolom

  4. Klik OK bila sudah selesai.

4. Cara Mengganti Jumlah Kolom

  1. Klik pada bagian kolom yang ingin diganti jumlahnya.

  2. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns.

  3. Pilih jumlah kolom yang diinginkan.

    • One - 1 kolom.
    • Two - 2 kolom.
    • Three - 3 kolom.
    • Left - untuk membuat kolom kiri lebih sempit (hanya untuk 2 kolom).
      Column Left
    • Right - untuk membuat kolom kanan lebih sempit (hanya untuk 2 kolom).
      Column Right
  4. Untuk membuat lebih dari 3 kolom, pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik More Columns untuk menampilkan kotak dialog Columns.

  5. Ganti jumlah kolom pada kotak Number of columns.

  6. Klik OK bila sudah selesai.

5. Cara Membuat Tampilan Kolom Seperti Di Jurnal

Jurnal-jurnal penelitian kadang menggunakan gabungan kolom seperti gambar berikut. Walaupun kelihatan agak rumit, tapi sebenarnya cukup mudah cara pengaturannya. Intinya hanya menggunakan Breaks, yaitu Section Break dan Column Break.

Gabungan Kolom

  • Bagian 1: Judul
    • Ketik teks dan kemudian pada akhir teks, tekan Enter.

    • Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Breaks.

    • Pada bagian Section Breaks, pilih Continuous.

  • Bagian 2: Nama dan email
    1. Buat dua kolom: pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns dan pilih Two.

    2. Ketik isi kolom (nama dan email).

    3. Selanjutnya buat Column Break:
      1. Letakkan kursor di depan nama kedua (contoh gambar: Rane).
        Bagian Dua - 2 Kolom

      2. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Breaks.

      3. Pada bagian Page Breaks, pilih Column.

    4. Pada bagian akhir kolom kedua, tekan Enter dua kali.

    5. Buat section break: di Page Layout tab, Page Setup grup, klik Breaks. Pada bagian Section Breaks, pilih Continuous.

  • Bagian 3: Kumpulan teks dua kolom
    1. Karena di bagian 2 sudah dibuat dua kolom, di bagian ini tidak perlu lagi membuatnya.

    2. Ketik isi kolom.

    3. Pada bagian akhir kolom kedua, tekan Enter.

    4. Buat section break: di Page Layout tab, Page Setup grup, klik Breaks. Pada bagian Section Breaks, pilih Continuous.

  • Bagian 4: Daftar
    1. Buat satu kolom: pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns dan pilih One.

    2. Ketik teks yang diinginkan.

  • Hasilnya akan seperti gambar berikut. Tekan tombol CTRL + SHIFT + * untuk melihat garis Section Break dan Column Break.
    Contoh Tampilan Gabungan Kolom Di Dokumen Word





*** Cara Membuat Cover Page


  1. Pada Insert tab, Pages group, klik Cover Page untuk menampilkan galeri template cover page.

  2. Klik salah satu template yang diinginkan. Cover page akan otomatis ditempatkan di halaman pertama dokumen.
    Cover Page - Word 2007

  3. Jika ingin menempatkannya di halaman lain: pada galeri klik kanan thumbnail cover page dan klik pilihan yang diinginkan.
    Insert Cover Page di Halaman Lain

  4. Isi informasi pada field di cover page seperti judul, sub judul, dan lain-lain. Untuk membuat tanggal, klik tanda panah dan pilih tanggal pada kalender.
    Field Cover Page

  5. Beri gaya format yang diinginkan (bold, italic, underline) atau ganti warna dan ukuran font.

  6. Beberapa template cover page menyediakan gambar, bila ingin menggantinya, klik kanan pada gambar dan pilih Change Picture.
    Mengganti Gambar Cover Page

  7. Bila tidak tersedia gambar, kita dapat menambahkan gambar dengan cara: pada Insert tab, Illustration group, klik Insert Picture.
    Anda dapat memperoleh kumpulan gambar menawan di artikel ini: 20 Websites untuk Download Gambar Gratis.

  8. Klik tombol Save untuk menyimpan cover page.

  9. Jika ingin menyimpannya ke galeri agar dapat digunakan lagi, ikuti cara berikut:
    1. Pilih seluruh isi cover page.
    2. Pada Insert tab, klik Cover Page dan pilih Save Selection to Cover Page Gallery.
    3. Pada kotak dialog Create New Building Block, beri nama cover page di kotak Name dan klik OK.
  10. Untuk menghapus cover page: Pada Insert tab, klik Cover Page dan pilih Remove Current Cover Page.

Contoh-Contoh Cover Page

  • Cover page ini menggunakan page border, shape, dan gambar Floral Collage 5 sebagai hiasan.
    Contoh Cover Page 1
  • Cover page ini menggunakan page border dan gambar sebagai hiasan serta logo.
    Contoh Cover Page 2
  • Cover page ini menggunakan variasi bentuk shape sebagai hiasan.
    Contoh Cover Page 3
  • Cover page ini menggunakan page color, shape, dan text box sebagai hiasan

]


*** megupdate blog (posting) pake ms.word


Kali ini saya akan berbagi tips terkait cara update blog menggunakan Software Client. Sebenarnya di beberapa artikel sebelumnya saya sudah banyak membahas bagaimana caranya kita mengupdate blog dengan Software client seperti: Post2Blog, Blogdesk, Windows Live Writer. Kali ini saya coba bahas tentang bagaimana megupdate blog (posting) menggunakan software yang sudah sangat familiar dengan kita yaitu Microsoft Word 2007.

Saya kira untuk Ms Word 2007, bukan hal yang asing bagi anda, baik dari segi interface ataupun penggunaan fungsi yang ada, namun saya berani bertaruh masih sedikit dari anda yang memanfaatkannya untuk update blog

Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk update blog dari Ms Word 2007. (catatan: Fitur ini tersedia pada office 2007 dan 2010)

Pertama, jalankan Fungsi blog dari Office Button > Publish > Blog

Kedua, setting account blog anda, Ms Word 2007 mendukung engine blog Windows Live Spaces, Blogger, SharePoint Blog, Community Server, TypePad, WordPress, dll, jadi silakan pilih sesuai engine blog anda

Ketiga, masukkan nama blog (isikan pada bagian yang saya blok tanpa menghapus yang lain), username dan password anda sesuai engine yang anda pilih sebelumnya. Sebagai contoh saya menggunakan WordPress:

Jika anda berhasil maka akan muncul:

Keempat, jika registrasi blog anda berhasil maka anda tinggal membuat posting

Setelah posting selesai anda bisa mem-publish dengan menekan tombol publish:

Selamat mencoba!

Catatan:

Posting ini dibuat dari Ms Word 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar